Dateng ke Pameran Rich Brian "The Sailor Experience"


Siapa sih yang gatau Rich Brian? Brian Imanuel atau Rich Brian atau juga sering dikenal dengan Rich Chigga adalah seorang Rapper asal Indonesia yang sukses di Amerika Serikat melalui karyanya. Saat ini, dia juga udah punya dua album, Amen (2018) dan The Sailor (2019). Di albumnya yang bernama The Sailor kali ini, dia menceritakan semua lagu yang ada di album tersebut. Digelarnya pameran ini, untuk merayakan peluncuran album The Sailor, yang digelar di Gudang Gambar, daerah Cipete, Jakarta Selatan. Pameran ini diselenggarakan selama tiga hari, 8-10 Agustus 2019. Pameran ini disupport oleh salah satu platform musik digital, Spotify, dan 88Rising, yang di mana menjadi record label yang memegang beberapa artis Indonesia selain Rich Brian, seperti, Niki Zefanya dan Stephanie Poetri. Btw, Pameran ini free alias Gratis.

Nah, pas banget nih gue dapet kesempatan buat dateng ke acara pameran Rich Brian ini. Humpung lagi liburan semesteran kan. Tapi, gue datang pas tanggal 10-nya. Padahal nih ya, gue itu udah dari jauh hari pengen dateng pas dateng tanggal 8-nya, karenaa... ada si Rich Briannya juga dateng ke pamerannya itu, sebagai tanda pembukaan lah yaa. Tapi, gue malah lupa kalo tanggal segitu pamerannya dimulai. Gue ingetnya gara-gara ada postingan di Instagram. Tapi, untung masih ada 2 hari lagi.
Setelah itu, gue langsung cari tau rute terdekat dan kendaraan apa yang bisa dipake buat kesana. Seperti biasa, gue kalo kemana-mana kan pake busway, nah, tinggal nyari rute-nye nih. 
Ternyata... Jeng jeng~ Gada busway yang ke arah sana, adanya angkutan umum, kayak kopaja, angkot, kan males ya kalo kudu ngeluarin duid... Yaudah deh gue cari-cari lagi, rupanya terdekat pake MRT, stasiun terdekat dari situ stasiun MRT Fatmawati. Gue akal-akalin lagi. Akhirnya, Tadaaa~ Fix, besok jadiin!

Tgl 9/08/2019 : Jalan-jalan dimulai!

Hari ini, jalan-jalan tanpa arah dimulai. Dimulai dari halte busway Bekasi Timur depan rumah. Tapi nih ya, gue masih gak yakin pake banget buat bisa dateng ke pamerannya hari ini.  Soalnya, gue aja pergi dari rumah aja jam 2 siang-an. Gue itu orangnya gampang meng-estimasi waktu, karna gue udah kenal betul sama jalanan sekitar Jakarta. Sekarang jalanan Jakarta itu udah gak bisa diperkirakan lagi waktunya, meskipun di Gmaps bilang dalam waktu 2 jam-an lo bakal nyampe tujuan, tapikan belom macetnya, lampu merahnya, apalagi kalo pake kendaraan umum kayak gue, belom transitnya, belom nunggunya, bisa-bisa lebih dari 2 jam-an... haaahh, kesel sih kalo dirasakan, gaes, jadi telat muluuk... #marahkesel
Setelah melewati drama menunggu busway, akhirnya gue turun di halte GBK, buat transit naik MRT dari stasiun Wisma Mandiri kearah stasiun Cipete Raya.
Akhirnya sampe... Akhirnya juga gue udah bingung, karena gue nyampe daerah Cipete aja jam setengah 5-an sore, sedangkan pamerannya tutup jam 5-an. Heefftt... Yaudah, sesampenya aja, kalo nyampe ya alhamdulillah, kalo gak nyampe yaaa... itung-itung ngapalin jalan lah.
Setelah, gue baca maps, patokannya itu RS Fatmawati, itu udah lumayanlah, tapi pas gue jalan dan nanya ama satpam di gedung sekitar situ, satpamnya jawab "Oh, masih ujung lagi dek, lurus terus aja, ada lampu merah belok kiri". Hadeh, kan eike jalan kaki, pake nyasar lagi, tapi untungnya gue demen jalan kaki, jadi deket-jauh gue jabanin (azhek)
Setelah sampe depan rumah sakitnya, dalem hati gue, "hmm, besok ajalah, hari terakhir aja", karna gue udah yakin banget kalo gue nyasar sekarang.
Lanjut balik naik busway, ternyata nyasar uga... Gua bingung, "lah kok masuk gang kecil sih? gpp lah, ikut aja" Rute pulang gue ke arah Blok M, lah gue malah nyasar ke arah Pondok Labu doongg... Demi apapun, gue udah bingung makin dibikin bingung, tapi mau gimana lagi, e-money gue udah sisa dikit gara-gara asal tap di stasiun MRT.
(FYI : Kalo mau naik MRT nih, saran gue mending beli kartu single trip aja di loket, karna kalo beli single trip gitu, kita bisa di refund kartunya, jadi uang kamu bakal kembali... Kan klo pake e-money gabisa, guez... Thanks)

Tgl 10/08/2019 : Akhirnyaa...

Di tanggal 10 ini, gue udah menata semua rencana gue yang kemaren gagal nyampe ke pameran itu. Gila, segininya banget gue pengen dateng ke pameran, tumben. Aslik!
Seperti biasa, gue pasti naik buswey. Kali ini, gue turun di stasiun MRT ASEAN. Gue menuju loket, karena gue ngos-ngosan banget karna naik pke tangga, pas gue sampe di loket, mba loketnya nanya mau kemana, nah disitu gue malah bingung dong saking capeknya. Di rute yang terakhir gue liat paling deket St. Fatmawati, tapi gue malah pesen ke St. Blok A, hadeeh, kan mayan jauh... Yaudah deh, nanti gimana di sana aja.
Setelah sampe di Blok A, gue langsung nyari peta di stasiun situ, saatnya gue nyari patokan terdekat apa, dan gue jalan dehh... Setelah lelah jalan kaki, gue mikirnya mending nyari angkutan umum aja deh, kan lu belom tau tempetnya di mana. Jalan-jalan-jalan, gue nemu bajaj biru lagi ngetem di pinggir jalan, akhirnya gue naek bajaj deh. Demi apapun, ini pertama kalinya gue merasakan naik bajaj. cukup mahal rupanya. 15 rebuan, cuy. Naik bajaj, btw abangnya juga kurang tau dimana, tapi patokan tempatnya tau di mana.
Setelah sampe, gue turun, dan di situ keadaannya cukup rame, karnakan hari terakhir pamerannya kan, jadi pada berbondong-bondong kesitu semua. Aslik, gue pertama kali se-excited ini dateng ke pameran.
Akhirnya gue masuk, dimulai dengan daftar tamu. Didalam ruangannya itu udah berjejeran bingkai dengan isi foto Rich Brian, judul lagu, sedikit cerita dia tentang lagu itu, dan ada barcode yang bisa discan lewat aplikasi Spotify. Di saat gue lagi asik ngeliat gambar, ada orang dari Spotify nyamperin, dan dia bilang, kalo mau dapet feel pas lagi ngeliat gambar dengan ceritanya, gue bisa scan barcode yang ada di gambar itu, nanti bisa sekalian dengerin lagunya si Rich Brian, dengan syarat aplikasi harus Premium, klo gak yang pro, gabisa. Hmmm, baiklah. Dalem hati, gue aja pake yang mod di google pak, rasanya pengen ngeluarin aplikasi musik sebeleh (J**x)... Tapi, emang sekitaran gue yang disitu, ngeliat gambar, scan, denger lagu, gitu semua. Mungkin lain kali bisa scan barcode-nya...
Keliling lah gue... Lagu favorit gue di album The Sailor si Rich Brian ini, adalah 100 Degrees. Sekali gue denger lagunya itu, langsung masuk dalem memori gue. Biasanya, kalo lagu baru dan menyimpang dari genre gue, gue harus nyetel berulang kali baru ngeresep, tapi ini gak... Kereeennn. Demi apapun, gue seneng banget...
Gak lama, gue pulang, karna gue ada acara seminar di deket rumah.
Pas gue mau pulang, gue lupa banget kalo gada busway atau angkot yang lewat situ. Mau gak mau, gue kudu jalan kaki hampir 30 menitan ke halte yang terintegrasi oleh busway.

Finalllyyyy...  Itu cerita gue, demi dateng ke pameran Rich Brian :The Sailor Experience. Lagu-lagu di album ini juga menceritakan pengalaman pribadi dan kenangan si Rich Brian. Rupanya, di pojokan ruangan pas pameran itu, ada film dokumenter nya si Rich Brian, seperti pas dia lagi di studionya, syuting MV, musik tur, sayang banget dan itu filmnya blom ditayangkan dimana-mana... yaaahh... Karna, kemaren tuh banyak banget yang foto disitu, jadi yasudahlah. Btw-nya juga, disana juga ada photo booth Rich Brian yang pke teropong... Rupanya banyak yang kutinggali. Semoga tahun depan atau selanjutnya Rich Brian bisa menggelar pameran albumnya lagi, yaa.

Yasudahlah gaes, mungkin segitu dulu aja, terima kasih....

Gudang Gambar
By. Dwita


Comments